Ada Makna Rukun Islam dalam Batik Rancangan Ridwan Kamil

Tidak disangka Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahwa desain motif batik yang diciptakannya pada 2017 akan menghebohkan jagat maya, empat tahun setelahnya. Gelombang euforia ini tidak lain disebabkan dua member Super Junior, Leeteuk dan Yesung, yang mengunggah sederet foto memakai kemeja dan blazer motif batik rancangan Kang Emil, begitu sapaannya.

Berdasarkan laporan kanal Regional Liputan6.com, Ridwan Kamil tak menduga bahwa produk kain batik yang awalnya dijadikan sebagai oleh-oleh dari Jawa Barat (Jabar) untuk para duta besar (dubes) bisa diberikan pada dua ikon K-Pop tersebut. Pasalnya, menurut pemilik Batik Komar, Komarudin Kudya, yang biasa menerima pesanan dari Kang Emil, hal ini sudah sering dilakukan sejak masih menjabat jadi Wali Kota Bandung.

“Pak RK (Ridwan Kamil) itu ngasihnya banyak, tapi kebetulan yang dipakai dan di-posting yang batik Garuda Kujang Kencana,” katanya melalui sambungan telepon pada Liputan6.com, Rabu (26/5/2021). Pria yang telah berkecimpung selama 25 tahun di industri batik ini menambahkan bahwa sebenarnya ada lima varian motif dalam busana tersebut.

“Motif utamanya adalah Garuda Kujang Kencana. Variasinya saya aplikasikan ragam hias Jawa Barat,” sambungnya. Batik itu sendiri mengusung tema religius, wibawa, diagonal, mandala, sundawi, dan nasionalis.

Interpretasinya hadir dalam gambar burung garuda yang melambangkan Pancasila tengah menggenggam dua buah kujang. Kemudian, sentuhan budaya Sunda dengan aksen empat buah kujang.

Sebagai refleksi makna regilius, terdapat titik berjumlah lima dan enam yang merupakan simbol dari Rukun Islam dan Rukun Iman. Batik ini, sambung Komar, sempat diproduksi lebih banyak untuk stok di Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jawa Barat.

Tags:

Related Posts

banner donasi

JIBRIL RADIO

JIBRIL RADIO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *