Mengetahui Kisah dan Mukjizat Nabi Ibrahim AS

 

Sudah ada banyak sekali kisah Nabi yang dituang pada Al-quran serta hadis yang telah dijadikan suatu pedoman bagi umat islam. Kisah 25 nabi tersebut dikisahkan supaya kita sebagai manusia bisa membuatnya menjadi pelajaran untuk kehidupan. Dan salah satu kisah Nabi yang tertera pada Al-quran secara lengkap adalah kisah Nabi Ibrahim as, beserta

Mukjizatnya.

Kisah Nabi Ibrahim  

Kisah Nabi Ibrahim sendiri diceritakan menjadi sosok Nabi yang tergolong Nabi ulul azmi. Nabi Ibrahim dikenal juga menjadi Nabi yang membangun ka’bah, tempat yang sampai sekarang ini telah dijadikan arah kiblat sholat bagi semua umat Islam pada muka bumi. Nabi Ibrahim itu membangun ka’bah dengan putranya yang bernama Ismail.

Nabi Ibrahim juga adalah salah satu Nabi dengan berbagai cerita, salah satunya adalah cerita ketika Nabi Ibrahim yang diperintahkan menyembelih anaknya, Ismail, tetapi dengan seizin Allah, Nabi Ismail pun digantikan dengan domba atau kambing gibas atau ketika beliau hendak menyembelihnya.

Hari tersebut pun akhirnya dijadikan Hari Raya Idul Adha yang sebagai pengingat umat Islam mengenai ketaatan juga kesabaran dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dengan perintahNya.

Bukan itu saja, tetapi kisah Nabi Ibrahim lainnya ada yang menceritakan bagaimana perjalanannya dalam mencari sosok Allah yang haq, dikarenakan sesembahan yang telah disembah kaumnya itu bukanlah sesembahan yang seharusnya mereka sembah, karena Allah adalah satu-satunya Dzat yang harus dan layak disembah.

Hal itu sama dengan yang sudah dijelaskan pada surat Al Anbiya ayat 66 sampai dengan 67: 

قَالَ أَفَتَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَا لَا يَنفَعُكُمْ شَيْـًٔا وَلَا يَضُرُّكُمْ (66) أُفٍّ لَّكُمْ وَلِمَا تَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ ۖ أَفَلَا تَعْقِلُونَ (67

 

Dengan Arti: “Mengapa kamu menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun, dan tidak mendatangkan mudarat kepada kamu? Celakalah kamu dan yang kamu sembah selain Allah! Tidakkah kamu mengerti?” (Al-Anbiya’ (21): 66-67)

Dikarenakan adanya penentangan tersebut,  Nabi Ibrahim lalu menghancurkan semua berhala yang telah menjadi sesembahan bagi kaumnya. Tetapi perbuatan dari Nabi Ibrahim itu diketahui oleh Raja Namrud yang memerintah di waktu tersebut. Nabi Ibrahim pun dihukum dengan dimasukkan ke dalam api yang menyala.

 

Tetapi karena izin yang diberikan oleh Allah, Nabi Ibrahim pun selamat dari hukuman tersebut. Dan Hal itu pun sama dengan yang telah dijelaskan pada surat Al Anbiya ayat 68 sampai 70:

قَالُوا حَرِّقُوهُ وَانْصُرُوا آلِهَتَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ فَاعِلِينَ (68) قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ (69) وَأَرَادُوا بِهِ كَيْدًا فَجَعَلْنَاهُمُ الأخْسَرِينَ (70)

 

Dengan arti: “Mereka mengatakan: “Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka orang-orang yang paling merugi.”(QS. Al-Anbiya’ (21): 68-70).

Begitulah kisah dari Nabi Ibrahim dan sedikit dari banyak mukjizat yang diterimanya sebagai Nabi juga rasul yang diutus menyembah Allah SWT. Tetapi ada beberapa mukjizat lain yang diberikan untuk beliau. Apa sajakah itu?

Mukjizat Nabi Ibrahim

Tujuannya dari diberikannya mukjizat tersebut bissa dikatakan sebagai sebuah bukti jika Allah itu ada dan akan selalu membantu para umatnya yang selalu beriman serta patuh terhadap-Nya. Dan beberapa mukjizat lain yang diterima Nabi Ibrahim tersebut ialah,

  1. Tubuhnya yang Tidak jadi Hangus Terbakar Api

Nabi Ibrahim yang berani menentang Namrud saat itu membuat raja Namrud murka. Kemarannya sebenarnya berasal dari ketakutan pada ramalan di masa lalunya terwujud, ia juga takut jika pengikutnya semakin berkurang. Dan karena hal tersebut, harta kekayaannya pun tidak akan melimpah ruah seperti sedia kala.

Guna mencegah berbagai hal tersebut, maka ia melakukan banyak cara. Termasuk salah satunya adalah dengan membakar Nabi Ibrahim pada api menyala. Dan fakta mengejutkannya adalah ternyata tubuh Nabi Ibrahim tersebut tidak tersentuh api sama sekali, dan bahkan bisa dikatakan jika rasanya dingin.

Kejadian tersebut pun diabadikan pada Q.S Al-Anbiya ayat 69 yang sekarang biasanya akan dijadikan salah satu ayat ketika ruqyah.

  1. Bisa Mengeluarkan Madu melalui Jarinya

Ketika masih kecil, Ibrahim ditinggal ibunya pada dalam gua sendirian, dikarenakan ingin menghindari adanya pertumpahan darah. Dan ibunya juga tidak sering mengunjunginya, tetapi yang aneh adalah, dari jari beliau bisa mengeluarkan madu. Sedangkan hari lainnya terdapat keju yang akhirnya membuat nutrisinya selalu terpenuhi.

Walaupun tampak kekurangan asupan, nabi Ibrahim kecil tetap bisa tumbuh lebih pesat jika membandingkan dengan anak- anak usianya. Dan bahkan juga, disaat keluar gua, usianya pun telah tampak seperti anak 12 tahun.

Keajaiban satu ini tidak dimiliki semua Nabi, dikarenakan memang Allah SWT akan menurunkan keajaiban sesuai kebutuhannya.

  1. Dapat Menghidupkan Makhluk yang sudah Mati

Kejadian yang satu ini pun telah diabadikan ke dalam salah satu surah, yaitu surah Al-Baqarah ayat 260 yang mengatakan bahwa di saat itu Nabi Ibrahim masih belum mempercayai mengenai kekuasaan Allah. Dan pada Akhirnya pun ditunjukkan bagaimana cara menghidupkan makhluk yang mati, dan tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh manusia-manusia yang normal.

Pada surah Al-Baqarah tersebut dijelaskan jika Allah telah memberi perintah bagi Nabi Ibrahim untuk mencincang tubuh seekor burung lalu meletakkannya pada atas bukit. Dan setelahnya Beliau harus memanggil burung tersebut dan kejadian yang ajaib pun berlangsung, karena burung tersebut pun bisa hidup kembali jadi dapat terbang dan menghampirinya.

  1. Dapat Mengubah Pasir Menjadi Makanan

Mukjizat sendiri termasuk suatu kejadian ajaib yang diberikan kepada Nabi serta Rasul Allah. Maka dari itu, hal tersebut terdapat banyak yang tidak mungkin bisa terjadi, seperti dapat mengubah pasir menjadi makanan.

Awal mula kejadian itu adalah disaat Ibrahim hendak mendatangi Namrud dengan harapan mendapatkan makanan.

Tetapi sayangnya harapannya tersebut ternyata putus dikarenakan tetap teguh dengan pendiriannya di saat ditanyakan siapakah Tuhannya. Dan kejadian luar biasa pun dimulai ketika ia membawa pasir yang diberikan oleh namrud ke rumah. Lalu keesokan harinya, isi dari kantongnya pun penuh akan bahan masakan, dari sayuran sampai daging.

  1. Dapat mengeluarkan Susu dari Ibu Jarinya

Masih dengan cerita pada kelahirannya, meski telah tinggal di gua sendirian yang sepi juga jauh dari kampung, namun Allah tetap melindunginya kapanpun. Ketika di saat ibunya menjenguk, Ibrahim kecil tersebut sedang menghisap susu yang muncul dari ibu jarinya dan kebutuhan akan makanannya pun terpenuhi.

Lalu Anehnya lagi, pada bagian wajahnya tersebut tampak bercahaya, tepatnya pada bagian kening. Dan ketika itulah, ibunya mulai berpikir jika putranya tersebut cukup spesial.

Kemuliaan yang diberikan oleh Allah tersebut tentu khusus adanya bagi hamba-Nya yang nanti akan menyebar luaskan dinul haq juga ajaran tentang keesaan Allah SWT.

  1. Menjadi Orang Pertama yang Membangun Ka’bah

Ka’bah, yang merupakan salah satu keajaiban dunia, hingga saat ini tetap ramai dikunjungi umat muslim yang berasal dari seluruh dunia. Pembangunan yang pertama dijalankan tersebut terjadi ketika masa nabi Ibrahim. Dan Prosesnya juga mendapatkan sebuah bimbingan langsung dari Allah SWT dengan hasil desain menakjubkan.

Pada awalnya, Allah hanya memerintahkan membangunkan rumah untuk-Nya. Lalu ia mengutus awan untuk menanyakan ke Ibrahim, apakah tugasnya yang diberikan telah selesai dilaksanakan. Dan ketika telah mendapatkan jawaban, Allah pun langsung mendatangkan pondasi. Dan Beliau dan putranya pun langsung meninggikan bangunan dari pondasi tersebut.

Itulah kisah dan beberapa mukjizat dari Nabi Ibrahim semasa hidupnya. Dan semoga kisah-kisah tersebut bisa menjadi inspirasi juga pedoman bagi kita sebagai umat muslim.

Tags:

Related Posts

banner donasi

JIBRIL RADIO

JIBRIL RADIO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *