Bid'ah Membuat Pelakunya Terusir Dari Telaga Nabi

Jangan remehkan bid’ah, karena ini menjadi sebab terusirnya seseorang dari telaga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ ، لَيُرْفَعَنَّ إِلَىَّ رِجَالٌ مِنْكُمْ حَتَّى إِذَا أَهْوَيْتُ لأُنَاوِلَهُمُ اخْتُلِجُوا دُونِى فَأَقُولُ أَىْ رَبِّ أَصْحَابِى يَقُولُ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ

“Aku akan mendahului kalian di telaga. Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari telaga, mereka dijauhkan dariku”. Aku lantas berkata: “Wahai Rabbku, ini adalah umatku”. Lalu Allah berfirman: “Engkau sebenarnya tidak mengetahui bid’ah yang mereka buat sepeninggalmu”. [HR. Bukhari no.6576].

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Umatku menemuiku di telaga dan aku menghalau mereka darinya sebagaimana seseorang menghalau unta orang lain dari untanya”. Mereka bertanya: “Wahai Nabi Allah, apakah engkau mengenal kami ?” Beliau menjawab: “Ya. Kalian memiliki tanda yang tidak dimiliki oleh umat yang lain. Kalian menemuiku dalam keadaan putih bersinar karena bekas air wudhu. Dan sungguh sekelompok dari kalian akan diusir dari (telaga) ku, sehingga kalian tidak sampai kepadaku. Lalu aku berkata: “Wahai Rabbku, mereka adalah para Shahabatku”. Allah menjawab: “Apakah kamu tahu perkara yang mereka ada-adakan setelah kepergianmu”. [HR. Muslim no.247].

Sumber: https://www.dakwahmanhajsalaf.com/2020/09/bidah-menyebabkan-terusir-dari-telaga-nabi.html

0 Komentar